Saturday, January 26, 2013

Bandara Terbesar di Dunia Akan Ada di Turki


Istanbul - Turki bikin heboh traveler dan dunia penerbangan. Negara yang berada di dua benua tersebut akan membangun sebuah bandara terbesar di dunia. Pembangunan yang rencananya beroperasi 2016 nanti, akan menampung 150 juta penumpang per tahun, wow sangat luar biasa jika ini sudah beroperasi.

Seperti dilansir dari News Australia, Jumat (25/1/2013), Turki telah meluncurkan tender untuk membangun sebuah bandara terbesar di dunia yang berlokasi di Istanbul. "Sampai saat ini, perusahaan yang tertarik bisa mulai melakukan perhitungan dan memutuskan ikut proyek ini pada 3 Mei saat tender ditutup," kata seorang pejabat dari otoritas bandara Turki. seperti yang clicklifes kutip dari News Australia.



Menurut Menteri Transportasi Turki, Binali Yildirim, proyek ini nantinya akan membangun bandara dengan enam landasan pacu. Serta, dapat menangani 150 juta penumpang per tahun.

Bandara ini pun diprediksi akan menampung penumpang lebih banyak dari Bandara Hartsfield-Jackson di Kota Atlanta AS. Bandara Hartsfield-Jackson adalah bandara tersibuk di dunia yang melayani lebih dari 90 juta penumpang dan telah beroperasi sejak tahun 2012.

Rencananya, pembangunan bandara di Turki ini sudah bisa beroperasi pada tahun 2016. Dengan beragam fasilitas, bandara yang akan menjadi terbesar di dunia ini nantinya mampu menampung 100 juta penumpang per tahun. Biaya pembangunannya pun menghabiskan dana sekitar 7 miliar EURO atau sekitar Rp 89,9 triliun.

Media Turki melaporkan, sejumlah perusahaan lokal Turki dan asing tertarik untuk ikut pembangunan dan mengoperasikan bandara ini selama 25 tahun. Beberapa perusahaan tersebut seperti, operator Bandara TAV Turki, bekerjasama dengan operator Bandara Perancis Aeroports de Paris, dan operator Bandara Schiphol Group dari Belanda.

Menurut pemerintah Turki, kapasitas dua bandara tersebut belum cukup untuk memenuhi tingkat kelonjakan penumpang, terutama untuk hubungan penerbangan antara Asia dan Eropa

Maka Pembangunan bandara terbesar ini juga akan memudahkan traveler untuk berkunjung ke Turki. Tahun lalu, Bandara Internasional Ataturk di Istanbul melayani 45 juta penumpang, dan Bandara Internasional Sabiha Gokcen menangani 15 juta penumpang.

.

No comments:

Post a Comment