Thursday, March 21, 2013

Sejarah Mesin Pencari " Google "


Kita pasti pernah bahkan sangat sering menggunakan Google, saya kira pasti pernah dan bahkan bisa jadi anda menemukan artikel ini melalui Search Engine Google, google merupakan perusahaan search engine terbesar di dunia,  yang merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, google berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Keuntungan yang didapat google hampir bisa dikatakan lebih besar dari AdWords.

Google pertama kali didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih berstatus mahasiswa di Universitas Stanford. Awal mulanya mereka berdua memiliki saham pada sebuah perusahaan sebesar 16 persen. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum pertamanya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah "To organize world's Information and make it universally accessible and useful" yang berarti "Untuk mengatur seluruh informasi di dunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang", yang mungkin menjadi awal mulanya konsep google dimulai, dan slogan tidak resminya adalah "Don't Be Evil" "Janganlah menjadi jahat".yang saya kira slogan ini mempunyai arti yang tidak sesuai dengan perusahaannya pada saat itu, pada Tahun 2006 perusahaan ini melakukan perpindahan markas ke Mountain View, California.



sejak perusahaan ini dibuka telah mencetuskan berbagai macam produk, Merger, dan persatuan dibalik mesin pencari. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas penunjang online diantaranya email, paket aplikasi perkantoran dan situs jejaring sosial. Produk Google juga diperluas ke komputer pribadi, dengan aplikasi untuk menjelajah web, mengatur & menyunting foto, dan pesan instan atau bisa dikatakan SMS atau layanan Yahoo messenger. Google memimpin perkembangan dari Android, sistem operasi mobile, juga Google Chrome OS sistem operasi berbasis web, yang ditemukan pada netbook khusus yang dinamakan Chromebook.

Saat ini Google telah diperkirakan sudah menjalankan satu juta server pusat data di seluruh dunia, dan telah memproses lebih dari satu milyar pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte data dari pengguna setiap hari. sangat luar biasa.

September 2009, Alexa mencantumkan situs utama Google.com (yang terfokus pada Amerika Serikat) sebagai website yang paling banyak dikunjungi di Internet, dan website Google Internasional lainnya di seratus teratas, juga website-website yang dimiliki Google seperti YouTube, Blogger and Orkut. Google juga di peringkat nomor dua di database brand equity, BrandZ. Posisi pasar yang dominan dari lanan Google berperan sebagai sumber kritik pada perusahaan ini dari masalah privasi, hak cipta, dan sensor.

Produk Periklanan Google

Google Adsense
-  Adalah suatu jasa penawaran iklan untuk pemilik web atau blog, dimana iklan tersebut akan dapat ditampilkan pada halaman web yang relevan dengan kata kunci dari iklan tersebut.
Google Adwords - Adalah suatu jasa pengiklanan oleh Google, dimana iklan yang tampil hanya iklan yang relevan dengan konten dari halaman web.

Bisa dikatakan kebanyakan pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 miliar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya.dan memang fokus utama google adalah dari periklanan, Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.

 Google adalah hidup dan budaya kita dijaman sekarang ini, hampir setiap hari kita mengakses google dan hampir semua orang terbantu oleh adanya kemudahan mencari informasi dari situs ini, apapun yang kita cari bisa terindex disini dan google semakin memudahkan hidup kita.

Editor   Reza william hajj
Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Google

1 comment: