Wednesday, January 22, 2014

Cara Memulai Menjadi Seorang Vegetarian

Menjadi Vegetarian
Menjadi Vegetarian adalah salah satu pilihan sulit yang membutuhkan komitmen yang kuat, karena mungkin kita tidak mau meninggalkan makanan yang enak-enak dan berfikir bahwa untuk menjadi Vegetarian adalah meninggalkan makanan enak, itu mungkin pemikiran yang sah dan masuk akal karena dengan menjadi Vegetarian kita memang dituntut untuk tidak memakan makanan berlemak dan daging-dagingan, namun banyak siasat lain untuk menghilangkan pemikiran itu demi hidup yang lebih sehat, berikut adalah beberapa tips sederhana yang mungkin saja kita mengetahui namun tidak terfikirkan untuk dilakukan step-step awal menjadi Vegetarian sejati.

Langkah awal adalah komitmen, ya ini mungkin salahsatu hambatan kita untuk melakukan perubahan dengan menjadi Vegetarian, komitmen dengan diri sendiri dan lingkungan kita sangat penting untuk membangun pondasi awal suatu perubahan, menjadi Vegetarian adalah perubahan menurut saya, dan perubahan membutuhkan komitmen yang kuat dan benar, seperti contoh kita mulai membangun komitmen mulai tidak memakan makanan berbahan dasar daging, minuman berbahan susu, telur, Ice cream dll, mulai menyenangi sayuran, mulai memilih restoran khusus vegetarian dan lain sebagainya.


Selanjutnya adalah ilmunya, apa yang dimaksud dengan ilmunya? Vegetarian hanya mengenai Anti makanan Daging? iya itu benar dan tidak semua benar, vegetarian memiliki banyak jenis dan kita harus mengetahui apa saja jenis gaya hidup vegetarian, dan setidaknya ada 6 Jenis vegetarian dengan spesifikasi makanan yang wajib dan pantang dimakan menurut jenis masing masing vegetarian dan motivasi menjadi vegetarian itu sendiri, dan itu mesti kita cari tahu dan mencoba menjadi vegetarian yang baik dan tidak salah.

Selanjutnya mulai banyak bertanya, kenapa kita mesti banyak bertanya? dalam pemikiran ini asumsi banyak bertanya bukan berarti kita mesti bertanya ke setiap orang, namun kita bisa dengan memulai memasuki para pelaku vegetarian, memasuki forum-forum vegetarian, komunitas vegetarian dan sebagainya, kita bisa banyak bertanya kepada vegetarian yang sudah berpengalaman dan bisa saling bertukar fikiran.

Mulai menyesuaikan makanan yang kita konsumsi, ini adalah bagian yang sulit, yaitu menyesuaikan makanan yang cocok untuk vegetarian, sedikit menyiksa kita ketika kita harus memakan makanan yang tanpa makanan berbahan hewani bahkan ada vegetarian yang tidak mengkonsumsi nabati, ini perlu proses dan tidak perlu langsung secara extream berubah langsung namun bisa bertahap dengan mulai mengurangi sedikit demi sedikit bahan makanan yang tidak sesuai dengan vegetarian dan menggantinya dengan makanan yang sesuai dengan vegetarian.

dan terakhir adalah konsisten, sebelum kita memutuskan untuk konsisten menjadi vegetarian seperti tips dari awal adalah apakah kita sudah komitmen dengan keputusan ini? apa sebenarnya motifasi kita? jika sudah yakin benar dengan semua itu kita bisa memulainya dengan konsisten agar prosesnya semakin baik dan semakin terbiasa dan menjadi gaya hidup kita yang sebenarnya.

Berikut beberapa tips sederhana secara normatif untuk menjadi seorang Vegetarian, dan mungkin suatu perubahan bisa dimulai dengan komitmen dan konsistensi, dan yang paling penting kita mengetahui persis apa yang akan kita kerjakan. 

No comments:

Post a Comment