Saturday, February 16, 2013

Cara Belanja Online Dari Luar Negeri Dengan Baik


Bagi kita yang sering berselancar di dunia maya tentu tidak asing lagi dengan Online store atau Online Shop, pasti setiap orang yang sering Browsing dan berselancar ria di internet pernah untuk melakukan transaksi Belanja Online, Baik belanja Online dari Seller Lokal atau Seller Luar Negeri. tentu untuk melakukan online shop dari seller lokal entah itu dari facebook, website ataupun dari Forum jual beli online dari seller lokal mungkin agak mudah dibandingkan dengan Seller Luar Negeri. minimal dari bahasa yang digunakan dan kemudahan transaksi nya pun seller lokal lebih gampang dimengerti.

Bagaimana jika kita bicara entang Seller Luar negeri?? apakah kemudahan transaksinya sama seperti Seller Lokal?? tentu saja sangat berbeda, banyak perbedaan dan gaya transaksi yang dilakukan oleh Seller luar negeri meskipun skemanya sama yaitu  Membayar dulu dan barang dikirim. tapi ada beberapa hal garis besarnya yang mesti kita perhatikan dan siapkan, diantaranya :



Bahasa
Bahasa yang digunakan di Worldwide Market pasti menggunakan Bahasa Inggris, dan jangan harap ada Seller yang bisa menggunakan bahasa Indonesia kecual Seller itu sendiri adalah orang indonesia, hehe
minimal yang mesti kita pahami adalah sedikit kemampuan bahasa inggis kita, walaupun Pasif tapi kita mesti tau arti dari setiap kalimat dari bahasa inggris itu sendiri.
kemampuan reading dan writing bahasa inggris yang baik, walaupun sekarang dimudahkan dengan Google translate akan tetapi kita harus bisa lebih mengerti apa yang kita tulis dan baca.

Online Bank Account/ Alat Pembayaran Online
Saya menamakan Online bank account karna fungsinya sama seperti Bank konfensional lainnya namun hanya untuk transaksi Online, apa saja itu?? saya rasa yang paling Populer adalah Paypal, American Express, Egold, Liberty Reserve, Alertpay dan lainnya. selain harus mempunyai alat pembayaran online ini kita juga harus bisa menggunakannya. dal lagi-lagi kemampuan Bahasa Inggris kita diuji.

Kartu Kredit
saya tidak memasukannya kepada kategori Alat pembayaran online karna kartu kredit mempunyai penjelasannya sendiri, kita tidak dibingungkan oeh belanja online dari luar negeri jika mempunyai kartu ampuh ini, karna hampir semua Online Shop menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, namun kita biasanya enggan menggunakan kartu kredit karna takut terbelit utang dan lainnya, namun jika kita menggunakan kartu kredit dengan bijak dan bisnis yang baik saya yakin bisa menghasilkan Profit.

Kemampuan Analisis Online Shop Luar
Apa saja yang mesti kita analisis,.? apa tidak terlalu berlebihan? saya kira ini adalah poin penting untuk melakukan belanja online dari luar negeri, tidak semua Online Shop Lur bisa dipercaya dan kita mesti teliti sebelum membeli, apalagi jika kita akan membeli dari Ebay.com, Amazon.com, dan lainnya yang didalamnya terdapat jutaan Seller dari berbagai negara yang kita tidak tau secara awam apa mereka penipu atau jujur.
tips jutu nya adalah kita lihat Reputasi mereka, biasanya setiap web e-commerce memberikan penjelasan tentang reputasi Sellernya juga, lihat Track record si penjual, kalo perlu kita tanyakan pada Buyer tentang reputasi si seller tersebut.
selanjutnya analisis tentang Online shop yang biasanya mempersulit Buyer dari Indonesia, Entah kenapa hampir setiap Online shop yang saya kunjungi rata-rata tidak menerima Buyer dari Indonesia, walaupun bisa mereka memberikan berbagai persyaratan yang membuat pusing, seperti harus melakukan pemesanan melalui telpon atau email, pembayaran tidak bisa menggunakan Paypal, kartu kredit dll. nah disana kemampuan negosiasi kita diuji, kita mesti bisa meyakinkan si penjual dan biasanya si penjual memberikan pilihan pembayaran melalui Western Union atau Wire money transfer.

Tau Barang Akan Kemana dan Bagaimana
setelah kita melakukan transaksi dan barang dikirim biasanya kita kebingungan apa barang kita dikirim? dengan apa barang kita dikirim? dan dimana sekarang barang kita?.. nah disini biasanya Seller memberikan Tracking Code barang kita, bisa trace USPS, UPS, DHL, Pedex dan lainnya. dari tracking kode itu kita bisa melakukan tracking status barang kita sudah sampai mana dan berapa hari lagi sampai.

Kemampuan Negosiasi dengan Petugas Customs
nah yang terakhir ini saya tidak akan menjelaskannya, hehe, mungkin di postingan selanjutnya saya bisa share tentang ini, yang penting kita harus tahu tentang perhitungan pajak setiap barang yang kita datangkan dari luar negeri, jangan sampai kita dibodohi oleh petugas cukai.
Intuk mengetahui perhitungan beacukai bisa melihatnya disini: Indonesian Customs

2 comments: