Saturday, February 16, 2013

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia

 

Insomnia,, Ya penyakit yang kini sangat populer ini umumnya menyerang kita di malam hari, efek nya adalah susah tidur dan sebagainya, saya masih bingung apakah insomnia adalah penyakit atau hanya kebiasaan dari kita yang susah tidur malam hari, akan tetapi jangan panik dan berkecil hati karna bukan kita saja yang mempunyai keluhan serupa, ada 30 juta orang di Amerika yang mempunyai penyakit Insomnia dan banyak lagi di berbagai negara khususnya indonesia.


Penyakit Insomnia ini seakan menjadi populer khususnya di kalangan remaja dan dewasa, mungkin jika kita mengalami Insomnia akan selalu dipusingkan dengan aktifitas tidur dimalam hari yang susah kita dapatkan namun sebenarnya semakin kita stress dan memikirkannya semakin Insomnia ini susah di hilangkan.



Tidak sedikit kiat-kiat lama yang masih digunkan untuk mengurangi insomnia, dan cara-cara itu masih dapat bekerja dengan baik. Bila lain kali Anda menemukan diri Anda tidak bisa tidur , cobalah cara-cara sederhana dan mudah-mudahan ampuh :

  1. Hindari kafein, dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi,the,coklat,cola dan beberapa minuman ringan  lainnya yang mengandung stimulan ini, begitu pula obat-obatan yang dijual bebas atau harus ditebus dengan resep dokter, periksalah label komposisinya). Ini adalah hal terakhir yang dibutuhkan olah imsomniak sukar tidur.
  2. Jangan tidur siang, betapapun ngantuknya Anda. walaupun sebenarnya tidur siang baik untuk kesehatan namun Untuk penderita insomnia sementara jangan dulu melakukan tidur siang sampai Insomnia anda pulih (tidur siang mengurangi kualitas tidur malam anda)
  3. Jika anda sudah melewati aktifitas yang melelahkan di siang harinya mungkin dengan Mandi  secukupnya dan senyaman mungkin dengan air hangat  sebelum berangkat tidur. (cara ini dapat menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga Anda dapat rilek betul sebelum tidur).
  4. Bacalah buku atau lakukan sesuatu secara berulang-ulang aktivitas Anda yang membosankan, seperti menjahit. dan cobalah untuk tidak menonton televisi, bermain gadget, membuka laptop/komputer, bermain hanphone atau mendengarkan radio. Gangguan seperti ini akan meminta perhatian Anda dan menyebabkan terus terjaga.
  5. Aturlah  ruang tidur senyaman mungkin. Ciptakan suasana yang tenang dan gelap. Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin).
  6. Hilangkan semua kecemasan ketika tidur . jangan biarkan diri Anda memikirkan kesalahan yang telah Anda perbuat tadi siang. Sekarang Anda sedang tidak bekerja. Maksudnya adalah mengkaitkan kasur anda dengan aktifitas tidur saja tidur.
  7. Menghitung secara perlahan serupa dengan aktivitas hipnotis. Dengan membayangkan citra monoton yang terus menerus, mungkin akan membuat Anda bosan dan akhirnya dapat tidur
  8. Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terapi refleksi yang dapat mengendorkan ketegangan akibat rutinitas dan telah terbukti mampu mengobati imsomnia kronis. ( Ini tidak ahrus setiap hari, jika sempat lakukan 1 minggu sekali untuk mengembalikan otot-otot anda yang tegang)
Berikut beberapa tips untuk menghilangkan penyakit Insomnia yang mungkin berguna untuk kita yang mengalami susah tidur atau istirahat di malam hari.

No comments:

Post a Comment