Wednesday, January 30, 2013

Meditasi dan Yoga Kini Menjadi Tren Pengobatan di Kalangan Medis


Pengajaran meditasi atau yoga sebagai cara penyembuhan ternyata sedang menjadi tren di kalangan medis saat ini, Hasil penelitian menunjukkan sekitar 3 persen warga Amerika telah menggunakan terapi yoga maupun meditasi atas saran dari dokter.
Ini mulai terlihat dari peningkatan cara pengobatan komplementer dan alternatif di Amerika sejak tahun 2002. Hingga puncaknya pada tahun 2007 38 persen orang Amerika telah menggunakan pengobatan komplementer dan alternatif seperti meditasi, yoga dan tai chi.

Untuk menjelaskan fenomena ini Nerurkar dan rekan mengumpulkan informasi dari lebih dari 23.000 rumah tangga AS untuk Health Interview Survey Nasional 2007. Mereka menemukan lebih dari 6,3 juta orang Amerika menggunakan terapi pikiran dan tubuh karena rujukan dokter.
“Apa yang kita pelajari ini menunjukkan bahwa dokter yang merujuk pasien mereka untuk terapi pikiran dan tubuh sebagai upaya terakhir, sebab pengobatan konvensional(dengan obat, maupun bedah) tak bisa lagi membantu. Meskipun bertujuan baik namun tetap menimbulkan pertanyaan apakah merujuk pasien untuk terapi ini lebih awal dalam proses pengobatan bisa menyebabkan kurangnya penggunaan sistem perawatan kesehatan konvensional, dan mungkinkah hasilnya lebih baik untuk pasien,” tutup salah satu ahli Dr. Aditi Nerurkar, dari Harvard Medical School.

No comments:

Post a Comment