Friday, December 20, 2013

Apa Rencana Anda Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru ?

holiday
ilustrasi
Jika menjelang akhir tahun mungkin kita langsung berfikir mengenai tujuan dan rencana berlibur. namun kita akan dihadapkan dengan kebingungan, jika anda orang yang bekerja bisa jadi sangat bingung mengatur waktu antara kerja atau berlibur, apalagi jika kia dituntut untuk lembur kerja di malam tahun baru,, waduh bisa kacau rencana liburan anda yang sudah disusu sebelumnya, atau anda sudah kehabisa jatah cuti tahunnan .. itu juga salah satu sumber malapetaka hehehe.. mungkin berikut beberapa Tips untuk merencanakan liburan akhir tahun anda :


1. Siapkan Surat Cuti/Izin 

Jika anda pekerja atau karyawan di suatu perusahaan mungkin hal ini adalah salah satu faktor pendukung yang penting untuk menunjang rencana liburan anda, karena ada banyak perusahaan yang akhir tahun ini justru sedang deadline dan kejar target akhir tahun, dan biasanya banyak karyawan dituntut untuk lembur.
pertama mungkin anda lihat apakah anda masih punya jatah cuti tahunan, jika masih ada anda segera menghadap bos anda untuk meminta izin keburu didului oleh teman anda hehe,, dan siapkan alasan yang jitu untuk merayu si bos.

2. Tentukan Tujuan Liburan
 
Jika izin sudah didapat,sekarang tentukan destinasi liburan anda. sesuaikan dengan waktu dan isi kantong juga pastinya, anda gak mau kan pulang liburan kantong anda minus dan liburan gak efektif karena waktunya tidak sesuai seperti anda memilih destinasi liburan keluar negeri dengan hanya waktu 1-2 hari heheh... itu hanya akan terasa habis waktu dijalan. Untuk membantu memilih mana yang akan kamu tuju, coba list mana saja tempat yang sudah pernah kamu kunjungi. Kalau sudah dikunjungi, mengapa tidak coba yang lain? nah, berikutnya list tempat yang ingin kamu datangin, cari reviewnya di internet agar tahu pasti berapa biasa dan berapa lama bisa ditempuh dari tempat kamu.
3. Segera memesan tiket atau paket liburan
hal ini mungkin penting jika anda mengembil tujuan liburan ke luar kota atau luar negeri, kalau liburannya di rumah atau dalam kota lihat kembang api di balai kota sih gak perlu hehe
Sekarang sedang musim paket wisata dengan transportasi + akomodasi sudah termasuk di dalamnya, ini mungkin jika anda ingin tidak ribet dan duduk manis menikmati liburan anda dengan dipandu sang penyelenggara. tapi jika anda ingin puas tanpa ada halangan dan bebas mungkin anda tentukan dan lakukan sendiri perjalanan nya.

4. Analisis Tujuan Liburan anda Sebelum berangkat
Mungkin anda bertanya, apa nie maksudnya analisis macam mau survey aja hehe,, ini penting gan.. anda bisa mencari informasi di inernet tentang tempat dan tujuan liburan anda dan buat catatan analisis anda, seperti cari tahu pasaran tarif hotel di tempat tujuan anda, apa saja tempat-tempat yang recommended di sana, jalur transportasi apa yang mesti anda tempuh disana, dan tempat apa saja yang mesti di hindari , ini penting loh.. karena disetiap tujuan wisata apalagi tempat yang asing bagi kita ada saja tempat tempat yang tidak aman, baik seperti banyak copetnya, banyak kejahatan, penduduk lokal tidak bersahabat, dan lainnya.
5. Siapkan Cost Yang cukup Aman
nah pada tips terakhir ini mungkin banyak yang bilang, apakah anda akan membawa uang tunai atau kartu kredit pada liburan anda, saran saya bawa semuanya dengan catatan anda bisa kontrol diri hehee.. maksudnya jangan terlalu boros dan membeli hal-hal yang tidak penting.. dan jangan terlalu banyak bawa uang tunai jika anda mempunyai ATM atau kartu kredit, uang tunai hanya persiapan untuk pengeluaran kecil seperti ongkos taksi atau angkutan lainnya, makan dan sebagainya, dan jangan terlalu membawa uang tunai banyak karena beresiko jika hilang dan sebagainya, jika anda mempunyai ATM, lebih baik jika sedengan jalan-jalan di tempat wisata bawa uang tunai secukupnya dan jika akan habis anda bisa ke ATM terdekat untuk deposit keuangan anda dan jangan malas ke ATM daripada anda beresiko hal-hal yang tidak di inginkan. karena banyak terjadi kehilangan uang dan sebagainya di tempat wisata.
Berikut adalah bebrapa tips dari clicklifes.com , semoga dapat membantu pencerahan bagi anda traveler yang merencanakan liburan di akhir tahun ini.

No comments:

Post a Comment