Friday, February 1, 2013

Tips Menghabiskan Weekend Bersama Keluarga


clicklifes.blogspot.com – Tidak bisa dipungkiri Weekend adalah waktu yang umumnya sangat dinanti oleh kebanyakan orang. Hari libur Sabtu dan Minggu adalah saat yang sangat tepat bagi seluruh anggota keluarga ataupun teman untuk berkumpul bersama setelah melewati kesibukan dengan berbagai aktifitas yang menguras tenaga dan fikiran baik kegiatan bersekolah atau bekerja. banyak alternatif dan kegiatan setiap keluarga di akhir pekan, Ada beberapa keluarga yang memilih untuk menghabiskan akhir pekan dengan pergi ke tempat-tempat hiburan, bertemu dengan anggota keluarga besar lainnya, reuni bersama teman-teman lama atau bahkan memilih beristirahat di rumah saja.

Mungkin dengan mengunjungi beberapa tempat hiburan tentu membutuhkan materi dan waktu tentunya. Seperti misalnya butuh uang untuk makan di restoran, bayar tiket masuk taman hiburan, membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang bahkan bagi yang sudah memiliki anak mungkin membeli mainan untuk anak-anaknya.

Solusi untuk menghemat uang dan waktu saat akhir pekan adalah dengan menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. dengan menciptakan Lakukan aktivitas menarik yang tak hanya menyenangkan namun tentunya juga bermanfaat dan bisa mengasah kreativitas anak khususnya.Lalu Kegiatan menarik yang seperti apa yang bisa dilakukan dirumah bersama anak-anak? Berikut beberapa ide kreatif kegiatan yang bisa dilakukan orang tua untuk menghabiskan weekend bersama anak-anaknya di rumah:

Mengajak anak-anak melukis kamarnya
Kegiatan ini tidak hanya membuat kamar anak lebih indah, akan tetapi juga sarana bagi anak-anak untuk menuangkan daya imajinasi mereka. Tentu saja dengan pengawasan Anda sebagai orang tua ketika anak-anak mengecat kamar mereka. Tokoh-tokoh kartun favorit anak misalnya saja tom & jerry dan Winnie the pooh bisa Anda gunakan sebagai tema lukisan di dinding kamar anak. ini akan membuat anak-anak sangat antusias dan senang

Memasak bersama di dapur
Bukan hanya anak perempuan yang bisa membantu ibu di rumah untuk memasak, tapi anak laki-laki juga bisa mencobanya. Dapur di rumah bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk meningkatkan kreativitas anak dan mengajarkan keterampilan lebih dalam memasak.
mungkin jika anda bingung banyak sekali resep resep sederhana yang bisa Anda gunakan dalam melakukan aktivitas memasak bersama ini. Misalnya, membuat cake dan menghiasnya dengan coklat dan keju serta memberi hiasan yang berwarna-warni atau bisa juga dengan barbeque di halaman rumah dengan panggangan anda.
Pastikan anak-anak tidak dekat dengan oven atau pembakaran yang panas dan alat-alat memasak yang tajam di dapur. Selesai memasak di dapur, Anda juga bisa meminta anak untuk membantu menyiapkan, menata atau menyusun kue di piring atau bahkan menata meja makan di halaman rumah untuk dimakan bersama anggota keluarga yang lainnya di rumah.
Bermain bersama keluarga di halaman rumah
jika kita berbicara mengenai halaman rumah, pasti anak-anak lelaki paling antusias jika bermain di halaman rumah, fikirannya langsung bermain sepak bola hehe, bagaimana dengan anak wanita?? ada alternatif lain agar bisa diterima oleh anak laki-laki dan perempuan yaitu adalah meminta anak untuk menggambar bunga-bunga yang ada di taman rumah atau mengajak anak untuk menanam tanaman (berkebun) di halaman.
Kegiatan berkebun dapat mengajarkan anak untuk lebih mencintai alam dan menghargai makanan yang dimakannya. Salah satu jenis tanaman yang paling mudah untuk ditanam yakni tomat. Anda bisa membeli tanaman tomat kecil yang dijual di toko bunga dan bersama anak menanamnya di pot bunga atau langsung ke tanah di taman.
Anda juga bisa mengajarkan proses lebih awal dalam menanam tanaman, misalnya dengan mengeringkan biji-biji tomat. Setelah dikeringkan, ajarkan anak untuk menyebarkan biji-biji kering tomat tersebut di halaman. Dengan penyiraman yang teratur dan cara penanaman yang benar, anak akan dapat menikmati hasil tanaman yang ditanamnya setelah beberapa bulan. Tentu akan ada rasa kebanggaan tersendiri dalam diri anak ketika memakan buah hasil kesabaran dan ketelatenannya dalam merawat tanamannya.
       
Melakukan permainan kreatif dengan mainan
Saat ini banyak sekali dijual berbagai macam produk mainan anak. Salah satu mainan yang dapat membuat anak kreatif adalah Lego. Dengan tekun dan kreatif anak mencoba menggabungkan bagian yang satu dengan lainnya sampai menjadi suatu hal yang diinginkannya, misalnya saja rumah, jembatan atau mobil.
Permainan kreatif lain adalah dengan menyusun puzzle yang dapat melatih daya konsentrasi anak sekaligus mengasah daya ingatnya. Playdough dapat melatih kemampuan motorik halus anak, membantu anak mengenal bentuk, warna dan mengembangkan imajinasinya dalam membuat berbagai hal yang diinginkan. Untuk anak perempuan, Anda bisa membelikan mute, bandul, hurup-hurup dan karet elastik yang bisa dirangkai menjadi sebuah gelang atau kalung yang unik. Mengenakan kalung atau gelang buatan sendiri dan bertuliskan namanya tentu akan membuat anak bangga akan hasil kerajinannya.
  
Scrapbooking 
Membuat scrapbook dapat mengembangkan daya kreativitas mereka. Beberapa ide scrapbooking antara lain adalah mengumpulkan foto-foto sejak anak lahir sampai usianya yang sekarang. Anda bisa mengumpulkan foto-foto, dan meminta anak untuk menempelkan dan menuliskan komentar-komentar lucu di dalam buku tersebut. Selain foto-foto, anak juga bisa menggunakan sticker, kertas berwarna-warni, wool atau hiasan lainnya dalam membuat scrapbook.
Bisa juga dengan membuat scrapbook tentang liburan terakhir bersama keluarga, misalnya saja ke pantai. Ajarkan anak untuk menggunting dan menempel foto-foto liburan di sebuah buku. Minta anak untuk menggambar sampul buku tersebut dengan pemandangan atau suasana yang diingat saat di pantai tersebut.
Di dalamnya, anak juga bisa menempelkan kerang-kerang yang di temukan di pantai dan menggambar bermacam jenis ikan dengan berbagai warna yang menarik. Dari kegiatan kreatif ini, Anda sebagai orang tua dapat menilai keterampilan, perasaan seni anak dan kemampuan bahasa anak dalam rangkaian kata-kata yang mereka susun di setiap lembar buku tersebut.
   
Menulis cerita 
Anak-anak tentu memiliki banyak teman dan banyak cerita tersendiri. Anda bisa mengajarkan anak untuk menuliskan cerita-cerita lucu yang mereka ingat dalam kehidupan sehari-hari. Di masa mendatang nanti tentu cerita-cerita ini akan menjadi semakin menarik untuk dibaca. Melatih anak menulis atau menuangkan gagasan atau pikiran di kepala juga dapat membuat anak kreatif.
Bukan hanya terbatas pada cerita kehidupan sehari-harinya yang menarik, anak juga bisa mengembangkan daya imajinasinya dengan mengarang cerita. Cerita-cerita ini bisa juga disisipi gambar-gambar anak yang berkaitan dengan ceritanya tersebut. Dampingi anak ketika menulis, dan bantu anak apabila mengalami kesulitan dalam menuliskan ejaan kata-kata.
Kegiatan ini selain membuat anak lebih kreatif, juga bisa menjadi hobi anak di masa mendatang. Dan bukan tidak mungkin, hobi menulis ini akan berkembang terus dan anak bisa menjadi penulis ternama.
   
 Membuat family tree
 Ide kreatif lainnya adalah dengan membuat family tree yakni pohon sejarah keluarga bersama anak. Anda bisa mengumpulkan foto-foto dari mulai kakek buyut sampai keturunan keluarga yang sekarang masih ada di dalam keluarga dan meminta anak untuk menempelkan pada tempatnya atau bagan yang sudah Anda buat. Dengan begitu anak menjadi tahu sejarah keluarga besarnya dan kegiatan kreatif ini dapat membuat rasa keterikatan antar seluruh anggota keluarga menjadi lebih erat.
Membuat tenda di rumah
Hampir semua anak-anak sepertinya menyenangi ide bermain di dalam tenda. Apabila Anda tidak mempunya tenda yang bisa dipasang di halaman rumah, membuat tenda buatan di dalam rumah juga tidak kalah mengasyikan lho.
Dengan bermodal meja besar atau beberapa kursi Anda bisa membuat “tenda” atau “gua” dengan selimut atau taplak meja yang besar. Anda bisa membantu anak menata kursi-kursi untuk dijadikan tiang tenda, dan bantu meletakkan selimut atau taplak meja besar tersebut sampai menyerupai sebuah tenda atau gua. Biarkan anak-anak bermain dengan mainannya, menikmati snack sambil menonton film kartun favoritnya, bahkan tidur siang di dalam tenda buatan mereka.
   
Bermain gelembung sabun
Kegiatan ini termasuk kegiatan yang praktis, mudah dilakukan dan tentunya menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Cara membuatnya pun mudah sekali. Anda bisa mencampurkan sedikit detergen pencuci piring dengan air. Lalu minta anak untuk mengaduknya sampai menjadi larutan yang bisa digunakan untuk membuat gelembung-gelembung sabun. Untuk melakukan kegiatan ini juga diperlukan kawat yang dibentuk sedemikan rupa sebagai alat yang digunakan untuk membuat gelembung-gelembung tersebut. Jangan lupa bahwa Anda harus terus mendampingi anak ketika bermain dan melakukan kegiatan kreatif ini karena cairan sabun bisa saja tertelan oleh anak.

Berburu harta karun 
Daripada membiarkan anak hanya duduk bermalas-malasan menonton TV atau bermain online games seharian ajak anak melakukan kegiatan berburu harta karun. Selain menyenangkan, aktivitas fisik yang satu ini tentu saja dapat membuat anak lebih sehat karena aktif bergerak.
Anda bisa menyembunyikan mainan favoritnya (sebagai harta karun) di salah satu kamar di rumah dan membuat peta dimana “harta karun tersebut” disimpan. Lebih seru lagi apabila Anda juga membuat beberapa anak panah dan beberapa pertanyaan seperti warna benda atau tesktur benda yang dapat membantu anak untuk menemukan jejak-jejak sampai akhirnya anak menemukan “harta karunnya”.

Camping di halaman rumah 
kegiatan outdor ini salah satu kegiatan sederhana yang sangat menyenangkan, anak-anak akan setuju dengan yang satu ini, terutama anak laki-laki, kita bisa memulai kegiatan ini dari pagi, dimulai dengan mengajak anak-anak memasang tenda, melakukan permainan-permainan sederhana, memasak di luar tenda dan bisa bermalam di tenda halaman rumah .

Tanyakan ide kreatif anak
Mungkin saja sebagai orang tua Anda punya banyak ide di kepala tentang kegiatan atau ide-ide kreatif apa saja yang bisa dihabiskan di rumah bersama anak saat akhir pekan. Tapi bagaimana dengan anak Anda? Pernahkan Anda menanyakan ide-ide kreatifnya dalam menghabiskan akhir pekan? 
Dorong anak untuk mengekspresikan pilihan dan pemikirannya dalam melakukan kegiatan akhir pekan. Inspirasi yang anak sampaikan berupa ide-ide kreatifnya boleh jadi akan sangat menarik dan mengejutkan Anda!
Tanya jawab ide kegiatan kreatif ini adalah sesi yang menyenangkan karena Anda dan anak saling tukar ide kegiatan yang akan dilakukan bersama. Anda bisa menuliskan ide-ide kreatif ini dalam suatu buku dan menyusun jadwal kegiatan kapan ide-ide tersebut akan dilakukan bersama anak. Anak-anak Anda tentu tidak akan sabar menunggu kapan ide kreatifnya bisa dilakukan bersama anggota keluarga lainnya.

Berikut beberapa tips sederhana menghabiskan akhir pekan dengan keluarga anda, semoga bermanfaat dan bersenang-senang di akhir pekan ini.

No comments:

Post a Comment