Friday, February 8, 2013

Uji Coba Terbang Boeing 787 Dreamliner Bermasalah Pada Baterai


Dreamliner, adalah pesawat penumpang ukuran-sedang yang masih dalam pengembangan oleh Boeing Commercial Airplanes dan direncanakan akan memulai pelayanan pada 2008. namun baru tahun ini Dreamliner Uji Coba terbang. pesawat ini mempunyai kapasitas 200 - 350 penumpang tergantung konfigurasi tempat duduk, dan akan lebih bahan bakar efisien dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Dan juga dia menjadi pesawat penumpang pertama yang menggunakan material komposit di kebanyakan konstruksinya.



Badan Pengawas Penerbangan Amerika Serikat (FAA) mengizinkan Boeing melakukan uji terbang pesawat 787 Dreamliner dan Seluruh armada 787 dilarang terbang bulan lalu setelah sebuah baterai di pesawat terbakar. Kerusakan itu memaksa pesawat lain melakukan pendaratan darurat. Para regulator penerbangan beserta pihak Boeing melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebabnya terjadinya hal tersebut.

FAA mengatakan uji penerbangan akan membantu mengumpulkan data tentang performa baterai ketika pesawat mengudara. Juru Bicara Boeing, Marc Birtel mengatakan data seperti itu akan mendukung penyelidikan mengenai penyebab insiden baterai 787 baru-baru ini. "Kami yakin bahwa 787 aman untuk beroperasi untuk aktivitas uji penerbangan ini," tambahnya.

FAA mengatakan telah meminta Boeing untuk melakukan uji dan inspeksi pra-penerbangan secara ekstensif. Penerbangan uji coba itu akan dilakukan di atas wilayah yang tidak berpenghuni.

Semoga jika pesawat baru ini resmi dipasarkan bisa digunakan oleh maskapai nasional kita. :)

No comments:

Post a Comment