Thursday, July 25, 2013

Mesjid-Mesjid Terindah dan bernilai sejarah Bagi Umat Islam

Mesjid adalah rumah ibadah yang paling disucikan oleh umat islam dan dihormati oleh agama lain, dan mesjid adalah rumah Alloh paling dicintai oleh umat muslim, mesjid juga bukan hanya dijadikan tempat beribadah oleh umat muslim akan tetapi bisa menjadi media dakwah, tempat belajar, bermusyawarah dan berdiskusi mengenai islam, ada banyak mesjid yang sangat indah bahkan berarsitektur megah di dunia ini, berikut clicklifes.com melansir beberapa mesjid termegah dijagad raya ini :

1. Masjid Al-Haram 


Masjid Al-Haram atau Masjidil Haram adalah sebuah masjid megah di kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam di dunia ini. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji dan merupakan pusat peribadahan umat muslim di dunia. selain itu juga sebagai arah kiblat shalat umat islam di belahan dunia karena ditengah-tengahnya terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat shalat umat islam. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar di dunia.
Menurut hadits shahih, satu kali salat di Masjidil Haram sama dengan 100.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha. Satu kali salat di Masjid Nabawi sama dengan 1.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Adapun satu kali salat di Masjidil Aqsha sama dengan 250 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Seluruh umat islam diperintah untuk memalingkan wajahnya/hatinya kearah masjidil haram dimanapun berada, hal ini di perkuat dengan surah al-baqarah ayat 149 dan 150. perintah ini hampir sama derajatnya dengan perintah Allah yang lain seperti halnya melakukan sholat, zakat, puasa.

2. Masjid Al-Nabawi


Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah saw, setelah Masjid Quba Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah saw tiba di Madinah. Masjid ini juga menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya. Masjid Nabawi  merupakan Masjid terbesar ke-2 di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid Nabawi dapat menampung kira-kira 535.000 jemaah.
Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah (= taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah swt. Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah saw.

3. Masjid Al-Aqsha


 
Masjid Al-Aqsa juga dikenal sebagai Al-Aqsha, adalah sebuah tempat suci Umat Islam di Kota Lama Yerusalem. Masjid itu sendiri membentuk bagian dari Al-Haram ash-Sharif atau "Sacred Noble Sanctuary," sebuah situs yang juga dikenal sebagai Kuil Suci dan dianggap sebagai situs paling suci dalam Yudaisme. Secara luas dianggap sebagai situs paling suci ketiga dalam Islam, umat Islam percaya bahwa Nabi Muhammad adalah berangkat dari Masjidilharam di Mekah ke Al-Aqsa selama Isra Mi'raj (Perjalanan Malam). Sejarah Islam mencatat bahwa Nabi Muhammad memimpin shalat menghadap tempat ini hingga tujuh belas bulan setelah  hijrah, ketika Allah memerintahkannya untuk berpaling ke arah Kabah.

Masjid Al-Aqsa awalnya masjid kecil yang dibangun oleh Khulafaur Rasyidin, khalifah Umar Bin Khattab, tapi dibangun dan diperluas kembali oleh Khalifah Bani Umayyah Abdul-Malik Bin Marwan dan diselesaikan oleh putranya al-Walid Bin Abdul Malik pada tahun 705 Masehi. Setelah gempa bumi di tahun 746, masjid tersebut benar-benar hancur dan dibangun kembali oleh khalifah Abbasiyah al-Mansur pada tahun 754, dan lagi dibangun kembali oleh penggantinya khalifah Al-Mahdi pada tahun 780. Gempa lain menghancurkan Al-Aqsa di tahun 1033, tetapi dua tahun kemudian khalifah Bani Fatimiyah, az-Zahir Ali membangun masjid lain yang telah berdiri hingga sekarang-hari. Selama renovasi yang dilakukan secara periodik, berbagai penguasa dinasti kekhalifahan Islam membangun tambahan atas masjid dan daerah sekitar, seperti kubah, fasad, mimbar, menara dan struktur interior. Ketika Tentara Salib merebut Yerusalem pada tahun 1099, mereka menggunakan masjid sebagai istana dan gereja, tapi fungsinya sebagai masjid dipulihkan setelah direbut kembali oleh Salahudin Al-Ayubi. Renovasi, perbaikan dan penambahan lebih banyak lagi dilakukan pada akhir abad oleh Ayyubiyah, dinasti Mamluk, juga Dewan Muslim Tertinggi, dan Yordania. Hari ini, Kota Lama berada di bawah kendali Israel yang terus-menerus melakukan penistaan dan juga ingin merobohkan bangunan suci tersebut untuk menggatinya dengan Haikal Sulaiman mereka. subhanalloh..

Berikut beberapa mesjid yang indah dan bernilai sejarah yang tidak ternilai harganya bagi umat Islam di seluruh dunia dan menjadi pusat ibadah umat islam.
 

2 comments:

  1. assalamu'alaikum. maaf koreksi sedikit, gambar masjidil Aqsha bukan itu, karena itu adalah gambar masjid sakhrakh, yang masih satu komplek dengan masji al aqsha. masjid al aqsha memiliki kubah tidak di tengah, tetapi di bagian depan, yang berwarna abu2 kehitaman. masjidil aqsha juga mempunyai menara adzan. silahkan cek di youtube, tentang kesengajaan pihak yahudi untuk menghapus memori umat muslim tentang bentuk sebenarnya masjidil aqsha. terima kasih wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gan koreksinya... akan saya koreksi lagi postingnya... salam...:)

      Delete