Wednesday, February 6, 2013

Tips Internet Marketing Dengan Anggaran Minim

Internet adalah salah satu pangsa pasar yang tidak terbatas dan mempunyai prospek yang bagus untuk memasarkan produk atau jasa yang anda miliki, jika ingin memulai bisnis dengan anggaran minim mungkin kita menjadi bingung untuk memulai bisnis itu sendiri. selain itu pemasaran adalah hal yang sulit terlebih jika kita ingin bisnis kita dikenal oleh pasar, karna bisnis tanpa pasar yang jelas dan luas bisa menjadi kendala bahkan bisa membuat bisnis kita malah berujung bangkrut.
berikut kami memberikan sedikit dari sekian banyak jalan memulai bisnis dengan target dan media pemasaran internet :



Ketahui Pangsa Pasar Bisnis Anda
Banyak pemula bisnis atau pebisnis sekalipun terlalu memusatkan perhatian mereka pada produk mereka sendiri, maksudnya mereka hanya terlalu berfokus terhadap apa yang akan mereka lakukan dengan produk mereka, seperti contoh ketika bisnis kita kurang laku, pasar seakan tidak tahu dan tidak mau tahu tentang produk kita, umumnya respon kita malah berpusat pada produk kita sendiri seperti kita bertanya tanya ada apa dengan produk kita?? apakah kualitas nya buruk?? perlukah kita meningkatkan kualitas walau terjadi penimpangan harga antara kenaikan kualitas dan harga jual, perlukah kita memberikan diskon yang berlebihan tanpa memikirkan keuntungan dan profit?? menurut saya pemikiran dasar itu kurang begitu efektif untuk meningkatkan pemasaran kita. hal dasar yang perlu kita sadari apakah "sudahkah produk kita sesuai dengan pangsa pasar bisnis kita?.." " apakah kesesuaian produk bisnis dengan pangsa pasar kita sudah benar??,," seperti contoh sederhana jika kita tidak mengetahui pangsa pasar kita yaitu ketika kita berjualan pakaian pesta di kerumunan pasar tradisional .. apakah bisa mendongkrak penjualan?? tentu tidak karna mayoritas pengunjung pasar tradisional adalah orang tua atau orang yang ingin membeli keperluan measak dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pasar tradisional.

secara sederhananya dan intinya dari istilah " Know your market" adalah sebelum memulai pemasaran hal utama yang harus kita fikirkan dan rumuskan adalah pangsa pasar kita harus benar-benar tertarget , buat daftar pangsa pasar dan tren terbaru tentang produk yang kita jual dengan konsumen yang relevan dengan produk kita, jika perlu kita mesti melakukan survey dan menganalisisnya.

Tetapkan Tujuan dan Target Bisnis Anda

Pengambilan keputusan ini penting kita lakukan sebelum memulai bisnis marketing, ini lebih ke bussiness plan tapi lebih sederhana karna penetapan tujuan dan target bisnis kita lebih kepada bagaimana dan dijalan mana bisnis ini akan kita bawa sehingga anda bisa on the track lurus dengan jelas, maksud dari target bisnis disini bukan terhadap pasar tetapi terhadap misi bisnis kita sendiri, kita ambil contoh sederhana saja, ketika kita membuat bisnis retail produk pakaian yang pangsa pasarnya adalah anak muda dengan interest nya terhadap musik, berarti kita sudah menetapkan pangsa pasar bisnis kita, lalu kita tetapkan tujuan dan target bisnis kita akan sampai kemana, dengan metode Visi dan Misi bisnis kita, tujuan bisnis ini adalah membuat bisnis online dengan produk retail pakaian dengan pangsa pasar kalangan anak muda yang memiliki interest terhadap musik, lalu target untuk bisnis kita adalah sampai mana pemasaran kita akan kita kejar, apakah target awal pemasaran kita bisa sampai penjualan sekala Asia dengan website e-commerce kita memperoleh 10000 pengunjung setiap harinya. maka dengan menetapkan pemikiran seperti itu bisnis kita akan semakin terarah dan stabil.

Tetapkan Anggaran

Sekarang anda mengatehui dan sudah menetapkan pangsa pasar pemesaran dan tujuan serta target bisnis anda, kini saatnya anda menetapkan budget atau modal untuk bisnis anda, hitung estimasi modal usaha anda secaa detai dan terperinci namun harus real, maksud real disini adalah anda menetapkan estimasi modal dengan rincian yang sudah anda analisis harga nya, seperti biaya produksi atau biaya pembelian barang ke distibutor dan harga website yang akan anda pakai atau lebih bagus anda bisa membuat websitenya sendiri sehingga bisa menekan modal lebih kecil lagi serta tetapkan biaya domain dan hosting anda sesuai pasaran dan dari penyedia layanan hosting dan domain website. dan beberapa anggaran lainya untuk memulai bisnis anda,

Merk atau Brand Sendiri

Menurut saya ini adalah poin auditional, kita bisa menerapkannya atau tidak, dalam artian ketika kita ingin memulai bisnis dengan merk sendiri dan produksi sendiri ini mungkin bisa kita masukan terhadap poin bisnis anda, tetapi jika anda hanya retail atau menjual barang produk lain mungkin poin ini bisa diabaikan, namun jika anda ingin memiliki kepuasan dan optimalisasi pencapaian bisnis ini adalah hal penting, kita bisa memulai dengan produk yang kita prduksi sendiri, hal awal yang paling penting adalah brand name atau nama dari produk kita, berilah nama yang gampang di ingat namun keren dan tidak susah di ucapkan, tetapkan URL website anda dengan nama produk anda sendiri agar memudahkan pencarian mesin pencari serta agar terlihat lebih real dan profesional.


Tetapkan SEO Website anda 

Ketika seseorang memasukkan permintaan pencarian ke mesin pencari tentang sesuatu yang relevan untuk perusahaan Anda, jelas Anda ingin menjadi salah satu yang pertama terindex dari hasil pencarian mesin pencari. Jadi bagaimana Anda membuat hal ini terjadi? Pada dasarnya, Anda perlu membuat website Anda lebih menarik bagi mesin pencari. Lakukan ini dengan menggunakan kata kunci yang sering dicari, backlinking situs Anda, menyesuaikan judul dan deskripsi, dll

SEO diakui dapat menjadi proses yang rumit dan memakan waktu, namun waktu harus dihabiskan di sini untuk memastikan website Anda semakin ditemukan. Anda bertaruh terbaik biasanya akan menghabiskan sedikit lebih banyak anggaran dan mempekerjakan orang yang tepat untuk melakukan penelitian yang benar. Pada Ciplex, kami menekankan pentingnya tidak termasuk kata kunci untuk hanya peringkat situs Anda, tetapi menggunakan istilah audiens Anda cari. Itulah yang akan membuat Anda mendapatkan tingkat konversi tertinggi.

  
Blogging
 
Isi lebih di situs Anda, maka akan semakin banyak peluang untuk mesin pencari mengindex situs anda. Blogging bisa menjadi cara (dan gratis!) Besar untuk menghasilkan lead dan link ke situs Anda. Tapi jangan hanya bisa memproduksi konten untuk menghasilkan konten. Menulis posting blog berkualitas yang akan melibatkan pembaca. Guest blogging di blog lebih baik adalah cara lain untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda sendiri.

Sosial media

 Jangan hanya mendaftar untuk layanan ini dan kemudian hanya curhat atau sekedar update status. Mulai menjadi aktif di media sosial. Situs-situs tersebut harus digunakan untuk mempromosikan posting blog Anda dan berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, kebanyakan orang tidak mengikuti perusahaan di media sosial kecuali perusahaan itu aktif memasarkan produk mereka di sosial media.

Demikian sedikit tips dari kami, semua kembali pada kita sendiri, yang paling penting dari semua itu adalah niat dan kemauan yang tinggi, dan tidak kenal menyerah serta mau belajar, ini hanya sedikit tips dari ribuan tips yang baik untuk diterapkan jika anda ingin memulai internet marketing atau bisnis online.

1 comment:

  1. thanx tuk sharenya mas, salam creativity

    http://www.bordiranku.com

    ReplyDelete